1. Ilmu sekalipun tanpa diamalkan, ia tetap utuh keadaannya, tetapi sebaliknya amal tidak bakal terwujud dengan meninggalkan ilmu.
2. Ilmu sekalipun tidak diamalkan, ia bermanfaat bagi pemiliknya, tetapi sebaliknya amal tidak bakal berguna dengan meninggalkan ilmu.
3. Amal bersifat pasif, tetapi sebaliknya ilmu bersifat aktif, menyinari lingkungan sekitarnya seperti pelita
4. Ilmu adalam maqam para Nabi, bertolak dari hadist berikut, “Maqam ulama umatku bagaikan Nabi-nabi bangsa Israil.”
5. Ilmu adalalah sifat Allah swt, tetapi amal hanya sifat manusia. Padahal kita telah memaklumi bahwa, sifat Allah lebih unggul daripada sifat manusia.
Dari Ibnu Abbas ra, ia berkata, “Alkisah ketika Nabi Sulaiman disuruh memilih diantara ilmu dan kerajaan, secara yakin Beliau memilih ilmu, namun dalam kenyataan Beliau disamping menerima ilmu juga kerajaan.”
Dikutip dari Tarjamah Duratun Nasihin
Dari Ibnu Abbas ra, ia berkata, “Alkisah ketika Nabi Sulaiman disuruh memilih diantara ilmu dan kerajaan, secara yakin Beliau memilih ilmu, namun dalam kenyataan Beliau disamping menerima ilmu juga kerajaan.”
Dikutip dari Tarjamah Duratun Nasihin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar